Cara Memilih Keyword Yang Tepat

Rabu, 04 Agustus 2010

Pada artikel sebelumnya, saya telah berbagi tentang bagaimana cara mengetahui keyword yang paling banyak dicari di Google, serta bagaimana membuat sebuah artikel dengan memanfaatkan keyword populer serta frase-frase yang sering dicari di Google. Kita bisa menggunakan cara tersebut selain untuk menembak keyword dengan tujuan meningkatkan pengunjung blog, juga bisa kita gunakan dalam membuat artikel untuk memasarkan produk affiliasi kita. Sebelum membahas bagaimana kita membuat dan mengelola sebuah blog menjadi senjata affiliasi kita maka kali ini saya mencoba berbagi tentang bagaimana kita bemilih keyword atau kata kunci yang tepat yang akan kita gunakan untuk memancing para pengunjung lewat search engine, terutama dari Google.

Saya ambil sebuah contoh kasus dimana kita hendak menarik pengunjung dari Google dengan mempublish sebuah artikel yang mengangkat hal yang agak-agak nyerempet. Hehehehhe.. ya ga munafiklah jika saya mengatakan saat ini banyak orang-orang Indonesia (termasuk saya wkwkwkw ) yang melakukan pencarian di google untuk mendapatkan video panas Miyabi atau 3gp porno dan sejenisnya. Untuk mendapatkan link situs yang memenuhi keinginan para pencari tersebut tentunya kita akan sedikit mengalami kebimbangan, apakah kita akan mengoptimasi kata VIDEO atau 3GP atau FILM atau yang lain-lainnya. Karena pada dasarnya Video, 3gp dan kata sejenis yang memiliki makna yang mirip, pastilah akan diketikkan oleh para pencari dalam rangkaian kata pencariannya. Lalu bagaimana kita mengetahui kata apa yang paling banyak dicari dari kata yang mengandung makna sejenis tersebut ?

Saya menggunakan Google Trends yang beralamat di Google.com/trends , kita bisa menggunakan tools gratisan ini untuk mengetahui perbandingan hasil pencarian kata per kata.

Saya ambil contoh saya ingin mengetahui apakah kata VIDEO atau 3GP yang paling banyak dicari di Indonesia. Caranya adalah dengan mengetikkan kata: video, 3gp ke dalam search box lalu klik Seacrch Trends seperti yang terlihat pada gambar di bawah:

mengetahui keyword paling dicari

Maka akan muncul halaman yang menampilkan hasil secara keseluruhan seperti pada gambar di bawah ini:

mengetahui keyword paling dicari

Jika ingin lebih spesifik lagi maka silahkan melakukan penyaringan pada list box Region, Category dan Year. Dalam contoh ini saya hanya melakukan perubahan pada bagian Region dengan memilih Indonesia. Sehingga akan muncul halaman seperti di bawah ini:

mengetahui keyword paling dicari

Pada halaman tersebut, di sudut kiri atas terdapat penjelasan bahwa graffik berwarna Biru mewakili VIDEO dan graffik berwarna merah mewakili kata 3GP. Sehingga dari grafik kita bisa membaca bahwa Kata Video LEBIH BANYAK DICARI dibandingkan dengan kata 3gp.

Dengan mengetahui hal tersebut, kita bisa lebih konsentrasi dalam mengoptimasikan kata VIDEO dengan menggunakan fasilitas Google Insights yang sudah saya jelaskan pada artikel sebelumnya (yang menggunakan kata friendster sebagai contoh).

Nah pada dasarnya kita bisa melakukan pembandingan pencarian beberapa kata sekaligus. Caranya adalah dengan mengisikan kata-kata tersebut dengan DIPISAHKAN oleh tanda KOMA (,) pada kotak pencarian.

Sekarang kita sudah mengetahui bagaimana cara mengetahui keyword yang paling banyak dicari serta cara membandingkan trend pencarian beberapa kata di Google langsung melalui fasilitas yang diberikan oleh Google itu sendiri, jadi mengapa harus buang-buang uang untuk membeli tools-tools atau software untuk melakukan hal tersebut hehehehe.

0 komentar:

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails

.

Blog Archive

Followers

Visitors

free counters