Berkunjung ke "Museo Del Oro" Columbia, Museum Emas Terbesar di Dunia

Sabtu, 23 April 2011




El Museo del Oro (Gold Museum) atau disebut Musem Emas ini terletak di kota Bogota, Ibukota Kolumbia, Amerika Selatan. Dan merupakan Museum Emas Terbesar di dunia yang memiliki lebih dari 50.000 koleksi ornamen, peralatan dan karya seni yang terbuat dari emas


Gedung Museum


Gedung Museum

Sejarah MUSEO DEL 'ORO (GOLD MUSEUM)

Pada 1939, Bank Republik Kolumbia mulai membantu negara untuk melindungi warisan peninggalan budaya Kolombia. Bank Republik Kolumbia ini mengumpulkan benda-benda peninggalan bangsa Muisca (suku asli Kolombia – 2500 SM). Suku Muisca dianggap memiliki salah satu sistem peradaban yang paling berkembang di Amerika Selatan, setelah Suku Inca. Hal ini terlihat dari barang-barang peninggalan Suku Muiska yang terbuat dari emas dan memiliki nilai tinggi.

Setelah mengadakan riset terhadap peninggalan Suku Muisca, maka Bank Republik Kolumbia berhasil mengumpulkan banyak benda-benda logam peninggalan kuno yang berusia 2500 SM sampai benda-benda peninggalan Nenek Moyang Kolumbia sebelum kedatangan bangsa Eropa ke Amerika (Zaman PraHispanik). Dan Bank Republik Kolumbia mulai mendanai untuk membangun sebuah Museum, supaya barang-barang warisan negara tersebut dapat dipamerkan dan dapat menjadi kebanggan Kolumbia terhadap peradaban kuno nya.

BAGIAN DALAM MUSEO DEL 'ORO (GOLD MUSEUM)

Gedung Museum ini terus direnovasi (tercatat tahun 1988, 1994, 2004) dan diperluas supaya pengunjung bisa nyaman berkunjung dan belajar di dalamnya dan dapat memikat wisatawan asing. Sampai saat ini koleksi permanen yang ada di Museum itu ada lebih dari 50.000 ornamen, peralatan dan karya seni terbuat dari emas yang semuanya merupakan peninggalan bangsa Muisca dan peninggalan masyarakat prehispanic (Zaman Invasi Spanyol ke Amerika Latin). Banyaknya koleksi menjadikan Museum ini sebagai tempat penyimpanan koleksi emas terbesar di seluruh dunia.

Saat ini Museum Emas ini terdiri dari 3 lantai. Mari kita telusuri:

Lantai 1






Pameran Emas


Pameran Emas

Lantai 2


Denah Lantai 2


Ruangan Lantai 2


Ruangan Lantai 2

Lantai 2 ini menampilkan koleksi utama emas: sebuah perjalanan dalam sejarah dan adat istiadat suku-suku yang hidup di tengah, selatan dan utara Kolombia (Suku Muisca) diatur sesuai dengan jenis proses logam yang mereka gunakan.

Di Lantai 2 ini juga terdapat ‘Study Room”. Tempat yang terdapat layanan yang memungkinkan pengunjung untuk mempelajari aspek-aspek tertentu yang lebih lengkap, seperti wisata tematik, animasi pedagogis, audio guides dalam bahasa Spanyol, Inggris dan Perancis, ruang multimedia, dan sebuah ruang belajar dimana pengunjung dapat menyelidiki dan membaca tentang subyek berhubungan dengan benda yang di pamerankan

Beberapa Koleksi Emas yang terkenal Peninggalan Suku Muisca:


Gold Cast Pendant 600 S.M.
Gold Votive Figure 600 S.M


Gold rings possibly Muisca (1600 S.M.)


Lantai 3




Ruangan Lantai 3


Gold Raft Object Peninggalan Bangsa Kolombia pada masa prehispanic (Zaman datangnya Spanyol ke Amerika Selatan)

0 komentar:

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails

.

Blog Archive

Followers

Visitors

free counters