Rekor Tercepat Nissan vs Porsche di Nurburgring

Kamis, 14 Oktober 2010

Klaim rekor tercepat antara Porsche dan Nissan di sirkuit Nurburgring, Jerman masih terus berlangsung. Apalagi, Agustus lalu Porsche menyatakan berhasil membuat rekor tercepat 7 menit 18 detik untuk mobil produksi massal, 911 GT2 RS.


Chief Engineer Nissan GT-R, Kazutoshi Mizuno menanggapai, Nissan selalu menggunakan model GT-R standar saat mencatat waktu tercepat di Nurburgring dan bukan model spesial seperti GT-R Spec-V. “Kami mengembangkan GT-R untuk konsumen, bukan untuk pembalap. Karena itu model standar yang akan terus kami kembangkan,” tegasnya.



Tak Peduli

Direktur Pemasaran Porsche, Matthias Muller tak terlalu peduli dengan tanggapan Nissan tersebut. “Kami mencatat waktu tujuh menit dan 18 detik. Itulah Porsche!” ujar Muller di Paris Motor Show. “Saya tak melihat apa yang terjadi di Nissan. ami memiliki catatan waktu sendiri dan itu sudah memuaskan,” tegasnya.


Hasil Pengujian
Pengujian
Mobil
Penguji
Waktu
Agustus 2010
Porsche 911 GT2 RS
Timo Kluck
7:18
April 2009
Nissan GT-R
Toshio Suzuki
7:26,70
September 2008
Porsche 911 GT2
Walter Röhrl
7:34
April 2008
Nissan GT-R
Toshio Suzuki
7:29,03








Perbandingan Spesifikasi Mesin GT-R vs 911 GT2 RS

Nissan GT-R Porsche 911 GT2 RS
Mesin V6, 3,8 L Twin Turbocharger Boxer-6, 3,6 L Twin Turbocharger
Tenaga 480 PS @6.400 rpm 620 PS @6.500 rpm
Torsi 587 Nm @3.200 rpm 700 Nm @2.500 rpm
Transmisi Otomatis, 6-speed Manual, 6-speed
Bobot 1.740 kg 1.370 kg
Penggerak Empat Roda (AWD) Roda Belakang (RWD)
0 – 100 km/jam 3,5 detik 3,4 detik
Kecepatan top 310 km/jam 330 km/jam


Dalam dua tahun terakhir, Porsche dan Nissan bergantian mencatat waktu tercepat di sirkuit legendaris ini. Saat penguji Nissan, Toshio Suzuki mencatat 7 menit 29 detik pada 2008, eksekutif Porsche, August Achleitner mengatakan tidak masuk akal untuk sebuah GT-R standar. Sebagai tanggapannya, Mizuno menawarkan pembalap uji Porsche mengetes ulang dengan Nissan GT-R.


Minggu lalu, Nissan kembali ke Nurburgring dengan GT-R 2011 sebelum peluncuran 18 Oktober di Jepang. “Ini adalah model standar,” tegas Mizuno.


Ditambahkann, “Kami juga memiliki varian Club Track dan Spec-V. Keduanya bukan target pengujian kami. Konsumen harus mengetahui kemampuan terbaik sebuah mobil dalam kondisi standar, bukan edisi spesial. Tak ada gunanya mengumumkan kecepatan terbaik edisi spesial.”


Sayang, pengujian Nissan GT-R minggu lalu harus ditunda karena cuaca buruk. Jika sempat dilakukan, hasilnya diumumkan 18 Oktober mendatang.



0 komentar:

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails

.

Blog Archive

Followers

Visitors

free counters