mencari keyword "mahal" untuk situs adsense amda

Rabu, 04 Agustus 2010

Halo sobat-sobat..Apa kabar? baik2 saja kan? Account adsense-nya belum di-banned kan? Hehehehehe...

Ok deh, kali ini saya mau berbagi tentang bagaimana menentukan keyword yang "mahal". Maksudnya gini sob, sebagai pegiat adsense kita kan mau supaya CPC (Cost Per Click) nya gede. Artinya tiap iklan adsense yang tampil di blog kita diklik sama orang, pengennya sih langsung dibayar mahal gitu lho. Kalo bisa sih sekali klik langsung 10 dollar hahahaha.... :-) (ngomong-ngomong, ada lho keyword yang semahal itu!)

Nah, gimana caranya kita bisa menentukan keyword mana yang "mahal" atau yang "murah"? Saya yakin sobat-sobat sudah sering baca di blog-blog para jagoan adsense yang memberi daftar sekian banyak keyword mahal. Salah satunya yang nge-trend itu "Mesothelioma" atau "Forex Trading" hahahahaha. Iya kan? Ngaku aja deh..... :-)

Tapi gak ada salahnya kan kalo kita survey sendiri? Dengan survey sendiri, kita jadi tahu keyword tersebut semahal apa, tingkat persaingannya bagaimana dan seberapa banyak orang yang mencarinya lewat search engine.

Ok...langsung aja ya. Gini nih..

Pertama-tama, buka https://adwords.google.com/select/KeywordToolExternal























Nah, tinggal ketik keyword yang kamu incar, misalnya kamu hobi foto dan pengen nge-blog tentang hobi kamu itu. Ketik "photography", jangan ketik "poto-poto" karena untuk ikutan adsense kamu harus bikin blog dalam bahasa inggris, bukan bahasa sunda. Kira-kira kayak gini :
Kalo sudah, klik "Get keyword ideas". Tidak lama kemudian akan muncul semua variabel yang berhubungan dengan keyword yang kamu ketik tadi.























Keterangan untuk masing-masing kolom adalah :

  • Advertiser Competition: Seberapa ketat persaingan kamu dengan situs lain untuk keyword yang ada di sebelah kiri. Semakin "hijau" semakin ketat persaingannya. Saran saya, kamu cari yang tidak terlalu ketat tapi tetap "mahal".
  • Local Search Volume: Jumlah "search" atau pencarian pada bulan tertentu. Pada gambar di atas tertulis "December" berarti jumlah pencarian keyword tersebut pada bulan Desember. Kamu harus mencari keyword yang cukup banyak dicari orang.
  • Global Monthly Search Volume: Rata-rata pencarian setiap bulannya.

Nah, sekarang saatnya kita menentukan dari sekian banyak keyword yang berhubungan dengan "photography", yang mana yang rasional. Rasional gimana maksudnya? Ya...tergantung kamu. Tapi saran saya, kita cari keyword yang persaingannya tidak terlalu ketat, banyak dicari orang dan juga mahal. Caranya kamu klik dropdown "Choose columns to display" trus cari menu "Show Estimated Avg. CPC"
























Apaan tuh Avg. CPC? Avg. CPC atau Average CPC adalah rata-rata Cost per Click yaitu rata-rata harga per-klik dari keyword yang bersangkutan. Nah, akan tampil kolom baru yaitu kolom Estimated Avg. CPC seperti ini :
Angka-angka yang tertulis di bawah kolom Estimated Avg. CPC adalah "harga" per-klik dari keyword yang bersangkutan dalam rupiah. Nah, tugas kamu sekarang mencari keyword yang harga per-kliknya cukup mahal, persaingannya tidak terlalu ketat dan yang nyari banyak. Untuk mengurutkan harga dari yang terendah ke tertinggi atau sebaliknya, kamu tinggal klik tulisan (link) Estimated Avg. CPC itu.























Gambar diatas adalah contoh setelah diurutkan dari yang paling mahal ke paling murah. Seperti contoh di atas, keyword "photography education" adalah keyword yang paling mahal dengan rata-rata harga per-kliknya sebesar 53.163 rupiah atau sekitar 5 dollar sekali klik. Lumayan tuh...:-). Tapi sayangnya persaingannya cukup ketat dan yang nyari relatif sedikit (dilihat dari Global Monthly Search Volume). Berarti walaupun mahal, tapi kurang rasional untuk kita "tembak"

Sekarang tugas kamu tinggal mencari keyword-mu sendiri. Ingat untuk selalu mencari yang rasional. Selamat berburu keyword "mahal"!

Semoga sukses!

0 komentar:

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails

.

Blog Archive

Followers

Visitors

free counters