hal-hal yang dilarang setelah makan

Selasa, 20 Juli 2010




Selain memperhatikan jenis makanan, hal yang perlu diperhatikan adalah apa yang Anda lakukakan setelah makan. Jika Anda memperhatikan apa saja larangan setelah makan, maka Anda akan merasakan manfaat dari apa yang Anda makanan barusan. Berikut ini hal-hal yang dilarang sesudah makan.

Merokok

Anda bayangkan saja, merokok tidak sehabis makan saja sudah membahayakan tubuh, apalagi merokok sedudah makan. Menurut penelitian yang telah dilakukan oleh para ahli, apabila seseorang merokok 1 batang sesudah makan, sama saja dia menghisap rokok sebanyak 10 batang. Dan tentu saja itu akan jauh sangat berbahaya.

Makan Buah

Sampai sekarang banyak orang yang salah dengan hal yang satu ini. Orang menganggap mengonsumsi buah setelah makan akan sangat baik, karena buah adalah pencuci mulut yang alami, padahal makan buah sesudah makan akan membuat perut menjadi kembung karena dipenuhi dengan udara.

Namun demikian tidak berarti Anda tidak boleh mengonsumsi buah sesudah makan, boleh saja, namun harus Anda siasati, yaitu dengan mengonsumsi buah setelah 1-2 jam sesudah makan. Dan jangan pula Anda menyantap buah 1 jam sebelum makan, karena hal ini akan membuat Anda tidak selera makan.

Minum Teh

Menurut riset yang telah dilakukan oleh para ahli, daun teh mengandung asam yang sangat tinggi. Hal ini bisa mengakibatkan protein yang ada pada makanan susah untuk dicerna. Disamping itu minum teh sesudah makan bisa menghambat penyerapan zat dalam tubuh sampai 80%, padahal kita ketahui bersama kalau zat besi sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk masa pertumbuhan.

Mengendurkan Ikat Pinggang

Memang kedengaran sangat sepele dan bodoh. Anda beranggapan kalau mengendurkan ikat pinggang akan terasa lebih banyak makanan yang masuk dan Anda pun tidak merasa sesak. Namun tahukah Anda? Kalau Mengendurkan ikat pinggang bisa mengakibatkan usus menjadi terbelit serta terblokir.

Mandi

Meskipun banyak orang yang tidak melakukannya, namun terkadang ada orang yang punya pikiran kalau pada pagi hari mandi sesudah makan akan lebih baik, karena sekalian buang air besar.

Padahal mandi sesudah makan akan mengakibatkan aliran darah naik ketangan, kaki serta badan yang mengakibatkan berkurangnya darah yang berada disekitar dan sistem pencernaan yang ada di dalam perut akan melemah

Berjalan-jalan

Tahukah Anda kalau sebelum orang melakukan maraton maka dia dilarang untuk makan? Itu karena apabila dia makan sebelum melakukan maraton maka ditengah jalan kemungkinan besar dia akan mutah. Itulah kenapa Anda dilarang berjalan sesudah makan, karena dengan berjalan sesudah makan akan mengakibatkan sistem pencernaan makanan tidak bisa melakukan penyerapan nutrisi dari makanan yang sudah Anda makan.

Langsung Tidur

Mungkin kalau dengan hal yang satu ini Anda sudah mengetahuinya. Bagaimana pun rasa kantuk Anda usahakan jangan tertidur, tambah lagi Anda makannya kebanyakan sampai-sampai kekenyangan. Kalaupun Anda sudah tidak tahan lagi, tidurlah dengan cara duduk, karena bila Anda tidur dengan berbaring sesudah makan bisa mengakibatkan perut menjadi kembung dan menimbulkan peradangan pada usus.

Minum Air Dingin

Kalau yang satu ini terus terang sangat saya sesalkan, karena selama ini setelah saya makan, bahkan pada saat makan pasti saya minum air dingin, kayaknya kalau tidak minum air dingin tidak puas rasanya. Dan mungkin hal ini juga terjadi pada Anda yang tidak kita sadari selama ini.

Temperatur yang dingin akibat es akan berkondensasi dengan air dan bisa membekukan makanan, terutama yang mengandung minyak/lemak. Pada akhirnya lemak-lemak yang beku tadi akan menimbun di dalam usus dan menyebabkan menyempitnya saluran-saluran pencernaan dan ujung-ujungnya menjadi kegemukan. Jadi mulai sekarang mari kita sama mengubah kebiasaan minum air dingin setelah makan dengan minum air hangat.

Itulah delapan hal yang harus kita hindari setelah makan terutama makan nasi (untuk orang Indonesia) apalagi makannya kebanyakan. Jadi buat sobat-sobat sekalian yang punya kebiasaan-kebiasaan diatas setelah makan, demi menjaga kesehatan untuk diubah, kalau egak mau juga gak papa sich, tapi tanggung sendiri akibatknya, hehehe …. Gimana setuju?

0 komentar:

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails

.

Blog Archive

Followers

Visitors

free counters