POSISI SHOF YANG BENAR DALAM SHOLAT

Selasa, 22 Juni 2010


الحمد لله رب العالمين, وصلاة والسلام على أشرف المرسلين. أما بعد :

Posisi Shaf Dalam Sholat Jamaah
Sholat Berjamaah lebih utama 27 atau 25 derajat dari pada sholat sendiri. begitu juga Rosulullah -sholallahu 'alaihi wasallam- selalu melaksanakan sholat berjamaah bersama para sahabatnya.

Maka dari itu, tidak mungkin Rosulullah -sholallahu 'alaihi wasallam- menyepelekan tata cara dalam sholat berjamaah tersebut. berikut beberapa tata cara yang harus diperhatikan oleh setiap muslim agar tidak lagi beranggapan salah dalam sholat berjamaah.

Rosulullah -sholallahu 'alaihi wasallam- bersabda :

أَقِيمُوا صُفُوفَكُمْ فَإِنِّي أَرَاكُمْ مِنْ وَرَاءِ ظَهْرِي وَكَانَ أَحَدُنَا يُلْزِقُ مَنْكِبَهُ بِمَنْكِبِ صَاحِبِهِ وَقَدَمَهُ بِقَدَمِهِ

Artinya : "Rapikan shaf-shaf kalian, sesungguhnya aku melihat kalian dari punggungku. dan hendaklah setiap orang diantara kalian menempelkan bahunya kepada bahu temannya (yang disampingnya) dan kakinya dengan kaki temannya." (HR Bukhori)

Merapatkan shaf sholat adalah salah satu hal yang diperintahkan Rosulullah -sholallahu 'alaihi wasallam-. merapatkan bahu dengan bahu yang disampingnya, dan menempelkan kaki dengan kaki teman disampingnya.

Rosulullah -sholallahu 'alaihi wasallam- juga bersabda :

أقيموا الصفوف وحاذوا بين المناكب وسدوا الخلل ولا تذروا فرجات للشيطان، ومن وصل صفا وصله الله، ومن قطع صفا قطعه الله

Artinya : "Rapikan Shaf-shaf kalian, rapatkan diantara bahu-bahu kalian dan tutuplah celah-celah (dalam shaf) dan janganlah kalian tinggalkan sedikitpun celah untuk setan. barang siapa yang menyambung shaf maka Allah akan menyambung baginya, dan barang siapa yang memutuskan shaf maka Allah akan memutuskannya." (HR Abu Dawud)

Dalam dua hadist diatas Rosulullah -sholallahu 'alaihi wasallam- memerintahkan kita untuk senantiasa merapatkan shaf dengan menempelkan mata kaki kita dengan mata kaki teman sebelah kita dan juga bahu. dan untuk tidak meninggalkan sedikit celah bagi setan untuk mengganggu kita dalam sholat. wallahu a'lam.

1 komentar:

Muhammad Labib Izzuddien mengatakan...

bagus bisa menambah wawasan

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails

.

Blog Archive

Followers

Visitors

free counters